Kasus Pulau ‘Dijual’ di Mentawai Pernah Terjadi Semasa Yudas Menjabat Wabup Mentawai

  • Whatsapp
Pulau A-Frames-Mentawai-Sumbar-Pulau Panangalat-Pulau di Jual-Indonesia-Asia
Pulau A-Frames (nama asli, "Pulau Panangalat") terletak 25 kilometer sebelah utara ibu kota Mentawai (Tua-Pejat) yang ditawarkan dalam situs .privateislandsonline.com

HALONUSA.COM – Bukan hanya sekali pulau di Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) di perjualbelikan di situs online. Kasus ini serupa pernah terjadi pada 2009 lalu, dimana tiga pulau di Mentawai di jual secara terbuka melalui situs yang sama, yakni privateislandsonline.com.

Ketiga pulau itu ialah Siloinak, Silabu dan Kandui. Bahkan pemerintah pusat saat itu angkat bicara dan terkejut.

Penjualan ketiga pulau itu di era Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi. Ia sempat marah besar ke pemerintah daerah provinsi Sumatera Barat dan pemerintah kabupaten Mentawai kala itu.

Bahkan di tiga pulau itu sendiri telah dibangun resor atau villa, bahkan saat itu Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet tidak mengetahuinya.

Baca juga: Kasus Pulau ‘Dijual’ di Mentawai Pernah Terjadi Semasa Yudas Menjabat Wabup Mentawai

Ia pun sempat menolak pulau dijual, “Tidak benar ada penjualan pulau. Tiga nama yang disebut pulau itu masih milik Kabupaten Kepulauan Mentawai,” ucap Yudas waktu itu, Kamis (27/8/2009) mengutip dari Kompas.com.

Pada masa itu Yudas belum menjadi bupati Mentawai. Ia menjadi bupati periode pertama pada masa bakti 2011-2016 dan hingga kini masih menjabat sebagai bupati.

“Sekarang ini, kita seperti menari di atas genderang yang ditabuh orang lain,” ucapnya.

Tahun ini pula kembali situs privateislandsonline.com membuat promosi pulau Indonesia dengan kata dijual atau for sale.

Pos terkait