Menhan Prabowo Beli 6 Jet Tempur T-50i dari Korea Selatan Senilai Rp 3,4 Triliun

  • Whatsapp
Pesawat tempur TT-5015 milik TNI AU Indonesia | Yonhap
Pesawat tempur TT-5015 milik TNI AU Indonesia | Yonhap

HALONUSA.COM – TNI AU mulai tahun ini hingga 2024 akan ada akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap. Dua di antaranya pesawat multi-role combat aircraft Dassault Rafale dan Boeing F-15EX Eagle II.

Pemerintah Indonesia dilaporkan telah menyetujui kesepakatan pembelian enam unit jet tempur latih (trainer) dari perusahaan dirgantara Korea Selatan (Korsel), Korea Aerospace Industries (KAI). Mengutip media setempat Yonhap, kesepakatan itu sendiri bernilai US$ 240 juta atau setara Rp 3,4 triliun.

Nantinya jet bertipe T-50i itu akan dikirimkan secara bertahap. “Berdasarkan kesepakatan itu, KAI akan memasok enam jet latih canggih T-50i ke Angkatan Udara Indonesia dari 16 Desember 2021 hingga 30 Oktober 2024,” kata perusahaan itu, dimuat Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Pembunuh Presiden Haiti Jovenel Moïse Tertangkap, Ini Misi Operandinya

KAI sebelumnya juga mencapai kesepakatan penjualan 16 jet latih T-50i senilai US$ 400 juta. Jet ini telah digunakan beberapa negara seperti Irak, Thailand, Turki, Peru, dan Filipina sejak dirakit pada tahun 1999.

Namun sayangnya, belum ada komentar resmi dari Kementerian Pertahanan. CNBC Indonesia masih meminta konfirmasi lebih lanjut.

Sementara itu, kesepakatan ini bukanlah kesepakatan pertahanan pertama yang dilakukan Indonesia dengan Korsel. Sebelumnya dalam lawatan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto ke Negeri Ginseng April lalu, RI juga sepakat untuk melanjutkan pengembangan jet tempur KF-X dan IF-X.

Pos terkait