Terdapat 32 Bangunan Rusak Berat Akibat Puting Beliung di Tanah Datar

  • Whatsapp
Belasan Pohon Tumbang dan Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Padang
Belasan Pohon Tumbang dan Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Padang

HALONUSA.COM – Sejumlah bangunan rumah hunian warga di daerah Lintau, Puncak Pato dan di Nagari Barulak, Tanjung Baru rusak berat diterjang puting beliung di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) dua hari lalu.

Menurut informasi di lapangan terdapat sebanyak 32 bangunan di daerah itu tercatat rusak sedang hingga berat.

“Mulai dari rumah tidak dapat dihuni dan ada pula di antaranya rusak berat,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Daerah (BPBD) Tanah Datar, Benny Yohenri, Jumat (2/4/2021).

Ia mengatakan catatan tersebut bersamaan dengan observasi dilakukan Dinas Sosial Kamis sore kemarin. Hanya saja kerugiaan secara materi masih pendataan.

Baca juga: Korban Puting Beliung di Tanah Datar Butuh Bantuan

Badan Meteorologi, klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan jika kondisi angin kencang menimpa daerah itu diperkirakan masih berlangsung hingga pertengahan bulan ini.

Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian mengajak masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan.

Peristiwa puting beliung melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Tanah Datar merusak sejumlah bangunan rumah warga, gedung sekolah, tempat ibadah dan rumah gadang.

Dilaporkan sejumlah kecamatan terdampak, antara lain Kecamaran X Koto, Batipuh, Batipuh Selatan, Salimpaung, Sungai Tarab, Pariangan, Lima Kaum dan Tanjung Emas, Tanjuang Baru, dan Lintau. (vh)

Pos terkait